Memahami dan menghargai keunikan diri sendiri

September 18, 2009 at 8:04 am (Berita) (, , , , , )


Manusia sebagai makhluk Tuhan memiliki persamaan dan perbedaan antara saru dengan lainnya, baik secara fisik maupun non fisik.
Persamaan manusia secara fisik antara lain; setiap manusia memiliki kepala, badan, serta anggota tubuh yang lain. Adapun persamaan non fisik yakni; pikiran, kemauan, perasaan, dan akal pikiran.
Walaupun manusia sebagai individu memiliki persamaan-persamaan tersebut, terdapat pula perbedaan yang dapat membedakan antara satu dengan lainnya.
Contoh:
Setiap manusia mempunyai badan, tetapi bentuk badan setiap manusia berbeda-beda. Ada yang tinggi, ada pula yang pendek. Ada yang kurus, serta ada pula yang gemuk.
Begitu pula halnya dengan non fisik. Setiap individu mempunyai persaan, tetapi ada yang persaannya sangat halus, dan ada pula yang kasar.lanjutan…
Perbedaan antar individu inilah yang membuat manusia memiliki keunikan masing-masing. Setiap manusia mempunyai potensi yang dapat dikembangkan dan direalisasikan oleh masing-masing individu.
Dengan mengetahui keunikan diri sendiri diharapkan agar setiap individu akan memahami hal-hal yang perlu perbaikan maupun pengembangan, serta dapat menerima kenyataan dengan ikhlas bahwa semua itu adalah anugerah dari Allah SWT.
(Hayooo… pada pede dan bangga gak sama diri masing-masing?)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: